MACAM-MACAM SEARCH ENGINE (MESIN PENCARI)

Search engine adalah situs yang sering kita kunjungi. Saat kita ingin mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search engine. Search Engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah om Google. Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di dunia. Saya akan menjelaskan beberapa diantaranya beserta keunggulan dan kelemahannya.

 

1.   Google (http://www.google.com)

Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.
Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.

  • Kelebihan :
  1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
  2. Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
  3. Tampilan yang sederhana.
  4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
  5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
  • Kekurangan :
  1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.

 

2.   Yahoo (http://www.yahoo.com)

Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.

Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.

  • Kelebihan :
  1. Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
  2. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
  3. Fiturnyanya yang komplit.
  4. Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.
  • Kekurangan :
  1. Loadingnya membutuhkan waktu yang lama
  2. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
  3. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
  4. Fitur Y!M masih sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
  5. Skin untuk Y!M masih sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak

 

 3.      MSN (http://search.msn.com)

Microsoft Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft. Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista. Bagian-bagian dari MSN adalah Hotmail, Windows Messenger, My MSN dan Download IE8. MSN kini tersedia dalam semua bahasa di dunia.

Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.

  • Kelebihan :
  1. Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
  • Kekurangan :
  1. Pencarian dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
  2. Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.

 

 4.      Bing (http://www.bing.com)

Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai “mesin pengambil keputusan/decision engine”) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search.

Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu:

  1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
  2. Images untuk pencarian gambar.
  3. News untuk pencarian berita.
  4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.

Pada tanggal 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, dimana Bing akan menggerakkan Yahoo! Search. Semua pengguna dan mitra Yahoo! Search diharapkan telah mengalami transisi tersebut pada awal 2012.

Pada Oktober 2011, Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru, dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih relevan bagi pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai “Tiger” ini telah dimasukkan ke Bing secara global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012, Bing mengumumkan rancangan ulang lain ada mesin pencarinya yang mencakup “Bilah sisi” (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan kata kunci pencarian.

 

 5.      Web Crawler

Web crawl dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan dan sesuai dengan yang dicari.

Ketika web crawl search engine mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang terlihat, hyperlink, dan konten berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web crawl, search engine akan menentukan situs dan mengindex informasinya. Website tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan proses penentuan ranking setiap halamannya.

  • Kelebihan :
  1. Suatu program atau script otomatis yang relatif simple.
  2. Dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine.
  3. Fungsi web crawler untuk search engine jauh lebih kompleks bahkan detail
  4. Algoritma search engine raksasa seperti google tidak mudah terungkap.
  • Kekurangan :
  1. Beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan.
  2. Secara umum web crawler mengakses sebuah url website melalui internet, proses crawling dapat dilakukan dengan teknik multi-thread agar optimal.
  3. Konten seperti teks dan metadata akan disimpan pada media penyimpanan, sedangkan link/ url yang ditemukan akan disimpan kedalam daftar antrian, dan dijadwalkan untuk proses berikutnya.

 

 6.      Looksmart (http://www.looksmart.com)

Looksmart adalah pelopor industri periklanan pencarian online. Didirikan pada tahun 1997, Look Samrt salah satu search egine pertama menyediakan kemampuan internet pencari. Selama bertahun-tahun, Look Smart telah menyediakan solusi pengiklannan seperti, MSN, dan Ask adalah salah satu sponsor dari looksmart. Looksmart berfokus pada menghubungkan pengiklan dan penayangan di jaringan pencarian dengan kualitas tinggi tinggi.

Looksmart adalah salah satu Search Egine pencarian iklan terbesar, pengolahannya lebih dari 2 milyar query per hari. Look Smart  melayani iklan berbasis teks yang berkualitas tinggi. Look Smart menyediakan iklan itu secara langsung dengan beragam ribuan pencarian pengiklannan berbayar. Yang paling penting Look Smart menghubungkan pengiklanan dengan protokol jaringan yang berkualitas tinggi. Look Smart berdiri dengan industri terkemuka dengan komitmen terhadap kualitas Protokol Jaringan.

  • Kelebihan :
  1. Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
  • Kekurangan :
  1. Situs ini merupakan yang termasuk berbayar

 

 7.      Altavista (http://www.altavista.com)

Altavista merupakan search engine yang cukup terkenal dimata dunia. Suatu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Di altavista, kita bisa mencari berbagai informasi berupa web, gambar, video, berbelanja online, aplikasi, dan berita.

AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation ‘s Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.

Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.

  • Kelebihan :
  1. Keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
  2. Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
  • Kekurangan :
  1. Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.

 

 8.      Alltheweb (http://alltheweb.com)

AlltheWeb adalah mesin pencari internet yang memulai debutnya pada pertengahan-1999 dan ditutup pada tahun 2011. Ini tumbuh dari FTP Cari, doktor tesis Tor Egge di Universitas Norwegia Sains dan Teknologi, yang ia mulai pada tahun 1994, yang pada gilirannya mengakibatkan pembentukan Pencarian Cepat & Transfer (FAST), didirikan pada tanggal 16 Juli 1997.  Itu digunakan terutama sebagai situs pameran untuk perusahaan mesin pencari CEPAT. Menurut FAST, AllTheWeb sekali disaingi Google dalam ukuran dan teknologi AlltheWeb pernah menjadi sepopuler Google, meskipun, dan yang userbase menurun setelah itu dibeli oleh Overture pada tahun 2003.

Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.

  • Fitur-fitur alltheweb :
  1. AlltheWeb merupakan fitur pencarian yang paling kuat yang memungkinkan seseorang untuk menemukan sesuatu yang lebih cepat dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
  2. Indeks AlltheWeb’s (disediakan oleh Yahoo!) Meliputi milyaran halaman web, serta puluhan juta PDF dan MS Word ® file. Yahoo! scan seluruh Web untuk memastikan bahwa konten kita fresh dan untuk menghilangkan link yang rusak.
  3. AlltheWeb menawarkan berbagai alat pencarian khusus dan fitur pencarian lanjutan, dan mendukung pencarian dalam 36 bahasa yang berbeda.
  4. AlltheWeb menawarkan hingga berita dari ribuan sumber berita di seluruh dunia, dengan ratusan cerita diindeks setiap menit.termasuk pencarian ratusan juta file multimedia
  5. Yang paling penting, AllTheWeb menyediakan kontrol yang diperlukan untuk mencari persis apa yang pengguna cari, termasuk beberapa pencarian lanjutan yang paling canggih fitur yang tersedia.
  • Kelebihan :
  1. Kemudahan dalam mencari.
  2. Tampilan yang sederhana seperti Google.
  3. Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
  4. Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
  • Kekurangan :
  1. Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
  2. Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
  3. Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Alltheweb melakukan update.

 

 9.      Excite (http://www.excite.com)

Excite merupakan search engine yang serupa dengan yahoo. Keistimewaan Excite adalah pilihan menu yang ditawarkan cukup lengkap dengan sistem indeks yang cukup baik. Excite merupakan search engine yang cukup baik untuk mengetahui berita-berita terbaru dari beberapa sumber seperti Reuters dengan menu barunya yang disebut “Today on Excite” walaupun tidak tergolong excellent. Search engine ini baik bagi pemula karena fasilitas pencariannya yang mudah dan sederhana. Selain itu, excite juga dilengkapi dengan fasilitas “chatting”, “business news”, “sport news” dan lain-lain.

  • Kelebihan :
  1. Excite memiliki tampilan yang cukup bagus. Bahkan saat kita memasuki situs Excite, disana terdapat beberapa fasilitas yang memudahkan kita dalam mencari segala sesuatunya, diantaranya ada email, movie, video, news, horoscope, ramalan cuaca, sampai pada lowongan kerja. Fasilitas-fasilitas inilah yang dapat sedikit memudahkan kita untuk mengetahui segala sesuatunya.
  • Kekurangan :
  1. Kurang terkenal karena kurang banyak yang tahu

 

 10.  Gigablast (http://www.gigablast.com)

Gigablast adalah mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh Matt Wells. Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuat situs web Infoseek selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada zamannya, namun menggunakan alat seminimum mungkin. Pada bulan Januari 2005, mesin indeks dari Gigablast hampir memiliki satu miliar halaman web yang telah terindeks, dengan hanya menggunakan biaya 8000 Dolar Amerika Serikat (kontra 8000000000 puluhan halaman dan bernilai jutaan peralatan untuk Google).

 

 11.  Aol (http://www.aol.com)

 

AOL didirikan pada tahun 1983 dengan nama Control Video Corporation (CVC). Produk tunggal AOL adalah Gameline.

Pada tahun 1983, Steve Case dipilih jadi konsultan pemasaran CVC atas rekomendasi kakaknya, banker investasi Dan Case. bulan Mei 1983, Jim Kimsey menjadi konsultan manufaktur Control Video, tapi dekat kebangkrutan. Kimsey dibawa oleh Frank Caufield tanggal 24 Mei 1985, Control Video direorganisasi sebagai Quantum Computer Services, Inc. dengan Kimsey sebagai CEO, dan Marc Seriff sebagai CTO.

Pada tahun 1985 meluncurkan layanan online khusus buat komputer Commodore 64 dan Commodore 128 dengan nama Quantum Link.

  • Kelebihan :
  1. Cepat menemukan apa yang Anda cari di komputer Anda sendiri menggunakan kata-kata kunci dan frase. Jika Anda tidak tahu namanya, anda hanya memerlukan sedikit kata untuk menemukannya .
  • Kekurangan :
  1. Kecepatan saat membuka masih kurang cepat dan tampilan juga masih belum sempurna.

 

 12.  Ask (http://www.ask.com)

Ask yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan” adalah sebuah mesin pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California. Situs ini dapat mencari informasi secara detail, cara kerjanya mirip google. Browser ini memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan. Ask mempunyai kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban terbaik untuk pertanyaan user. Cara kerjanya tidak jauh beda dengan google, user tinggal memasukan keyword lalu klik search. Maka user akan menemukan sederetan hasil beserta link yang mengantar user menuju hasil yang masih relevan. Situs ini di lengkapi beberapa tab yang di katagorikan dalam web, images, dsb.

Ask.com awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves, dimana “Jeeves” adalah nama “gentleman pribadi pria ini”, atau pelayan, mengambil jawaban atas pertanyaan ditanyakan. Karakter didasarkan pada Jeeves, valet fiksi Bertie Wooster ini dari karya Wodehouse PG.

Ide asli di balik Ask Jeeves adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari, bahasa alami, serta kata kunci pencarian tradisional. The Ask.com saat ini masih mendukung ini, dengan dukungan ditambahkan untuk pertanyaan matematika, kamus, dan konversi.

Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan.

Ask merupakan search engine yang fungsinya untuk mencari informasi berupa gambar, document, video, refrensi, dan berita.

  • Kelebihan :
  1. Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
  2. Keunggulannya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
  3. Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!
  4. Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti
  • Kekurangan :
  1. Databasenya kecil
  2. Fitur kurang lengkap
  3. Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
  4. Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
  5. Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.

 

 13.  Iwon (http://www.iwon.com)

 

Iwon merupakan search engine yang bekerja sama dengan Ask.com sekaligus merupakan website untuk menghasilkan uang dengan bermain game online. Anda bisa memenangkan hadiah hingga 500 hadiah tunai $.

 

 14.  Joeant (http://www.joeant.com)

Joeant menawarkan direktori edited manusia “untuk menyediakan direktori situs berkualitas bagi pengguna Internet”. Dibuat oleh sekelompok selusin mantan Go.com (Disney) relawan Go Guides, JoeAnt lahir dari keinginan untuk menyediakan hasil yang relevan dalam berbagai macam topik, dan berusaha untuk bekerja dengan membentuk komunitas editor di mana orang tertarik dapat ikut Diluncurkan pada 24 Mei 2001, JoeAnt telah tumbuh menjadi sebuah direktori besar dengan daftar editor besar.

 

 15.  Lycos (http://www.lycos.com)

Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.

Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.

  • Kelebihan :
  1. Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
  2. Dalam hal pencarian cepat.
  3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
  4. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
  • Kekurangan :
  1. Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
  2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.

 

 16.  Basigi (http://www.basigi.com/)

Ada satulagi search engine yang merupakan asli buatan orang Indonesia. Mesin pencari ini menurut saya memiliki banyak keunikan,pada home-page basigi yang menyediakan link/taut statistik yang gunanya untuk menunjukan pemakai pada kata kunci (Keyword) yang paling populer, kategori terpopuler, dan juga presentase pencarian.

Di basigi itu juga ada informasi real-time yang sekarang sedang menjadi trend di mesin pencari lain, beserta kata kunci serta konten yang berhubungan dengan yang kita cara dengan suatu keyword.

Dan selidik punya selidik ternyata basigi.com ini adalah search engine milik detik.com, tapi nampaknya saat ini belum terlalu fokus untuk dikembangkan, entah apa alasannya, apa kekurangan modal atau memang merupakan bagian rencana jangka panjang untuk keperluan bisnis dipasar internet lokal.

  • Kelebihan :
  1. Basigi.com menampilkan semua situs berita yang di indonesia,baik nasional atau local.
  2. User bisa langsung mendapatkan berita hasin pencariannya berdasarkan kata kunci yang di inginkannya.
  3. Pada home-page basigi.com yang menyediakan link statistik yang gunanya untuk menunjukan pemakai pada  kata luncinya
  4. Di basingi juga ada berita atau informasi langsung atau real time
  5. Situs basigi mempunyai 2 nama domain yaitu basigi.com dan updatebanget.com
  • Kekurangan :
  1. Basigi.com tampil dengan fitur yang sangat terbatas pada pencarian berita-berita.
  2. Situs basigi.com ini menampilkan kolom pencarian saja.

 

 17.  Mamma (http://www.mamma.com/)

Mamma merupakan contoh metasearch engine. Pencarian dengan metasearch engine akan membawa kita pada hasil pencarian yang didapat oleh berbagai mesin pencari.

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*