Ternyata, AS Bukan Negara Pengguna Apple Terbesar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Samsung dengan Androidnya boleh jadi yang paling terkenal sekarang ini. Tapi di Jepang, iOS masih menjadi yang paling populer.

Dalam laporan statistik terakhir, Jepang menjadi satu-satunya negara yang memiliki tingkat popularitas iOS paling tinggi dibandingkan Android. Yakni menduduki porsi sebesar 60 persen.

Data ini didukung dengan kabar yang menyebutkan ponsel dan tablet yang paling banyak digunakan di Jepang adalah perangkat besutan Apple. Ini menunjukan indikasi baru jika pengguna ponsel pintar di Jepang memiliki kantong yang berbeda untuk membeli aplikasi di iOS App Store dan Google Play.

Data App Annie yang dilansir Phone Arena (13/12) menujukan, Jepang mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam setahun terakhir. Juga perkembangan dalam hal belanja aplikasi.

Pada 2012, Jepang rata-rata menyumbangkan sebanyak 100 juta dolar AS dalam sebulan untuk pendapatan gabungan App Store dan Google Play.

Pada Oktober 2013, angka ini tercatat meningkat tiga kali lipat menjadi sebesar 350 juta dolar AS. Selama rentang yang sama jumlah belanja Amerika juga meningkat dari 175 juta dolar AS dalam setahun untuk App Store dan Google Play menjadi lebih 300 juta dolar AS untuk keduanya.

Tapi meski Apple mendominasi di industri smartphone di Jepang, Google Play tetap menyumbangkan pendapatan yang besar untuk negara sakura tersebut. Jepang menjadi satu-satunya negara di dunia tempat pendapatan Google Play setara dengan App Store.

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*